Alternatif Membangun Jaringan Wifi Hotspot Di Rumah


bero.web.id - Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman, saat membangun jaringan wifi di rumah dengan beberapa perangkat jaringan seperti Modem 4G all Operator, Penguat Sinyal Operator, Mikrotik Router dan Router Akses Point serta menggunakan ISP dari operator yang tersedia di desa saya.

Sedikit cerita : Awal sebelum saya membangun jaringan wifi sendiri, saya sempat mendaftar wifi rumahan dari isp indihome namun tidak sesusi harapan. ternyata desa saya belum di cover jangkauan jaringan indihome fiber optik. sempat ikut vote agar desa tercover jaringan indhome tapi sampai sekarang belum ada tanda kalau jaringan indihome tercover di desa. sempat juga berpikir ingin membangun tower triangel agar bisa nembak wifi di kota (point to piont) tapi banyak faktor penghalang, dari jarak antar desa dan kota serat biaya pembanguna yang sangat mahal sampai mengeluarkan modal puluhan juta. pada akhirnya saya mendapatkan ide memanfaatkan operator yang ada di desa sebagai jembatan koneksi internet rumah.

Maka dari ide memanfaatkan operator yang ada di desa. Ada beberapa perangkat yang saya butuhkan dalam membuat jaringan wifi hotspot di rumah, yaitu :

1. Modem 4G All Operator :
Modem yang saya gunakan dengan model Huawei LTE CPE E1572 yang sudah mendukung semua operator dan medukung semua ferkuensi jaringan.(2G/3G/4G).

2. Antena Penguat Sinyal
Antena Penguat Sinyal yang saya gunakan berjenis eksternal 4G LTE 45dBi dengan Konektor TS9. bisa di pasang di luar rumah dengan menggunakan pipa besi atau tower kecil. 

3. Router Mikrotik
Router Mkrotik model hAP Lite rb941-2nd. alasan menggunakan mikrotik yaitu agar bisa mamajemen jaringan dengan maksimal. baik dari kecepatan internet, bandwdith, dan user.

4. Router Akses Point
Router akses point dengan model tp-link TL-WR840N untuk menyebar wifi hotspot untuk perangkat.

5. Kabel Lan RJP5 sesuai yang diperlukan

6. Operator yang saya gunakan yaitu kartu Byu dari Telkomsel. 

Dengan perangkat yang di atas saya bisa membuat jaringan internet berbasis wifi hotspot di rumah yang bisa di akses keluarga dan tetangga dalam mengakses berbagai macam hiburan.

Koneksi wifi yang ada tidak kalah dengan yang ada di kota kecepatan download mencapai 23.45 Mbps dan upload mencapai 7.06 Mbps. Tapi untuk bermain game saya rasa kurang begitu bagus karena ping yang kurang stabil.

Kecepatan dalam mendownload file saya rasa juga sangat cepat untuk internet di kampung, yaitu Transfer Rate mencapai 1,140 MBps diwaktu sibuk dan diwaktu free bisa mencapai 5 MBps.

Tapi setiap daerah beda-beda ya untuk kecepatan internetnya. 


Jika ingin membangun jaringan seperti saya. sebenernya bisa juga dengan 2 perangkat yaitu : Modem 4G All Operator sama Antena penguat sinyal, karena di modem sudah tersedia fitur wifi. setelah memasukan kartu dari operator yang digunakan modem lalu membeli paket internet dan melakukan sedikit konfigurasi kita bisa menggunakan wifi dari modem sebagai akses internet.

Gambar Perangkat yang Saya Gunakan:


Huawei LTE CPE E1572tp-link TL-WR840NhAP Lite rb941-2nd


Antena 4G LTE 45dBiTampilan Login wifi Hotspot


Sekian cerita dan alternatif alat dalam membangun jaringan wifi di rumah yang belum tercover jaringan dari ISP indihome. semoga menjadi motivasi dalam membangun jaringan internet rumahan.

Hanya Ingin Berbagi 🙏
Bero

Founder dan Chief Editor di bero.web.id. Salam kenal ya!

2 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati.

  1. Untuk perangkat berapa harganya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga relatif gan, untuk perangkat modem 4G all oprator saya beli kisaran harga 900k, antena penguat sinyal 200k, router akses point 150k, dan mikrotik router saya beli dengan harga 300k.
      Untuk agan yang pengen buat juga cukup pakai modem 4G all oprator keran modem sudah include dengan wifi, jika sinyal operator kurang bisa menggunakan atenan yagi untuk penguat sinyal.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama