Nampukung (bapukung), cara menidurkan anak agar cepat tidur dari kalimantan


bero.web.id - Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi artikel pendek tentang Nampukung (bapukung) yang digunakan oleh orang tua dari dulu hingga sekarang dalam menidurkan anak dengan mudah dan cepat dari kalimantan.

Mungkin sebagian dari kalian masih kurang tau dengan apa itu nampukung, nampukung adalah tradisi yang dilakukan oleh orang tua dalam menidurkan anak anak balita yang baru berusia 3 bulan sampai 6 bulan agar tidak begitu rewel. nampukung juga diperaya dapat membuat anak tidak begitu rewel dalam menidurkannya.

Nampukung juga hampir sama dengan menganyunkan anak dalam ayunan seperti biasanya, tapi ada keunikan sendiri dalam nampukung yaitu. jika pada umumnya anak akan berada pada posisi berbaring, sedangkan nampukung balita dimasukan dalam ayunan dalam posisi di dudukan dan dililitkan kain (bahalai)  agar anak tetap dalam posisi duduk (dalam melilitpun tidak membuat anak kesakitan atau susah bernapas karena ada teknik khusus dalam melakukannya) 

Saya selaku penulis disaat masih kecil sampai umur 2 tahuanan masih di tampukung (bahasa dayak ma'anyan) oleh orang tua saya, karena dulu saya anak yang rewel.. hehe dan setelah mulai beranjak besar beralih ke ayunan biasa pada umumnya.

Sekian artikel pendek dari saya. semoga bisa bermanfaat dan membuat kita yang membaca semakian memilik banyak wawasa baru, jika ada yang kurang dari isi artikel ini kalian bisa menambah di kolom komen di bawah ya.

Terima Kasih
Hanya Ingin Berbagi 🙏  


Bero

Founder dan Chief Editor di bero.web.id. Salam kenal ya!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, mari kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati.

Lebih baru Lebih lama