Sering mendapat file .xlxs atau data Excel yang sangat berantakan dan tidak rapi? Entah ada sel yang kosong atau banyak data dalam satu tabel. jika dirapikan secara manual, akan membutuhkan waktu berjam-jam dalam merapikannya.
Untungnya, ada cara cepatnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara merapikan tabel di Excel. Dengan langkah-langkah berikut, tabel yang berantakan bisa tersusun rapi dan makin mudah dipahami.
Langkah ini biasa digunakan untuk merapikan file CSV atau Comma Separated Values. File ini merupakan suatu format data yang setiap record-nya dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma. Misalnya, 'id,first_name,last_name,email,gender,ip_address'.
Jika dipisahkan, maka 'id' menempati kolom sendiri, 'first_name' sendiri, lalu 'last_name sendiri'. Begini penerapan caranya:
Blok semua sel yang berisi dataBuka tab 'Data'Pilih opsi 'Teks to Column'Pada pop-up yang muncul, pilih 'Delimited' yang berarti memisahkan data berdasar tanda baca, misalnya tanda komaKlik 'Next' untuk lanjut ke pengaturan selanjutnyaCentang delimiters yang digunakan. Jika data terpisah koma, maka pilih 'Comma'Cek preview kecil di bagian bawahKlik 'Finish' untuk menyelesaikan pengaturan.
Kamu bisa melihat data yang terkumpul menjadi satu sudah terpisah sesuai kategori. Mudah, kan?
Tags:
Blog